Kampanye Keselamatan Laut, KSOP Kelas IV Panarukan Bagikan Ratusan Life Jacket ke Nelayan

Iklan Semua Halaman

Kampanye Keselamatan Laut, KSOP Kelas IV Panarukan Bagikan Ratusan Life Jacket ke Nelayan

18/09/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com)  - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kesyahbandaran (KSOP) Kelas IV Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (18/9/2024)  menggelar sosialisasi atau kampanye  tentang keselamatan pelayaran.


Kampanye keselamatan dilaut, dalam rangka  memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2024, KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo, membagikan ratusan life jacket dan E Pas kecil ke ratusan nelayan Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo.


"Pembagian life jacket dan E Pas kecil kepada ratusan nelayan. Tujuannya, untuk meningkatkan  kesadaran keselamatan para  nelayan saat melaut," ujar Herland Aprilyanto, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo, Rabu (18/9/2024).


 Menurut dia, untuk Harhubnas tahun 2024 ini,  temanya "Transportasi Maju, Nusantara Baru", dengan tujuan transportasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Situbondo lebih baik lagi. 


"Sesuai tema, kami memberikan ratusan life jacket, untuk keselamatan bagi para nelayan yang mencari nafkah di tengah laut, dengan memberikan safety selama  mencari ikan,"katanya.


Lebih jauh Herland menegaskan, pihaknya berharap para nelayan selalu memperhatikan keselamatan saat melaut. Salah satunya harus membawa keselamatan, dan memeriksa kapal sebelum berangkat. Selain itu, pastikan cuaca dalam kondisi baik saat akan berlayar.


"Oleh karena itu, sebelum berlayar untuk mencari ikan,  kami berharap para nelayan harus memperhatikan tiga  faktor tersebut,"pinta Herland Aprilyanto.


Sementara itu, Plt  Sekertaris Dinas Peternakan dan Perikanan  (Disnakan) Pemkab  Situbondo Roy Hidayat mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo, yang membagikan life jacket dan E Pas kecil, sebagai kebangsaan dan keabsahan kapal nelayan Jangkar, dan sudah terdaftar secara elektronik.


"Makanya, demi keselamatan saat melaut mencari ikan, saya juga menghimbau kepada para nelayan, untuk membawa life jacket saat melaut,"imbau Roy.(ary)