Senkom Mitra Polri Situbondo, Gelar Pelatihan Dasar SAR

Iklan Semua Halaman

Senkom Mitra Polri Situbondo, Gelar Pelatihan Dasar SAR

01/09/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com)  - Sentra Komunikasi  (Senkom) Mitra Polri Kabupaten Situbondo, menggelar  pelatihan dasar tehnik Search and Rescue (SAR) di laut, dan pemahaman pasca bencana di laut, yang dikemas dengan kegiatan peningkatan kapasitas.


Sebanyak 42 anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Situbondo, juga dilatih peningkatan disiplin dan  kemampuan baris berbaris, dengan pemateri Kasat Binmas Polres Situbondo AKP Djembadi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dua hari di Pantai Wisata Pathek, Situbondo.


Selain sebagai pemateri. Namun, AKP Djembadi juga mewakili Kapolres Situbondo AKBP Rezi Dharmawan, untuk  membukan dan menutup pelatihan dasar SAR puluhan anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Situbondo.


“Sinergi yang kuat antara Senkom dan Polri adalah pondasi penting dalam menjaga stabilitas keamanan di Situbondo. Melalui pelatihan ini, anggota Senkom diharapkan dapat lebih siap dalam memberikan respons cepat terhadap setiap situasi darurat yang mungkin terjadi,”kata AKP Djembadi, Minggu (1/9/2024).


Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Situbondo Mizab Asdary mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi yang mendalam terhadap dukungan yang diberikan oleh Polres Situbondo, TNI, BPBD, dan Polairud dalam menyelenggarakan kegiatan ini.


"Peningkatan kapasitas ini adalah bagian dari komitmen kami untuk selalu siap dalam menghadapi situasi darurat. Kami sangat menghargai dukungan dari semua pihak yang terlibat, dan yakin bahwa dengan keterampilan yang diperoleh, anggota Senkom akan lebih mampu melindungi dan melayani masyarakat,” kata Mizab.


Menurutnya, jika  pelatihan serupa akan terus diadakan secara berkala untuk memastikan kesiapan dan peningkatan kualitas anggota Senkom. “Kami berupaya untuk selalu mengembangkan kemampuan anggota, baik melalui pelatihan rutin maupun kerjasama dengan berbagai instansi,”katanya.


Lebih jauh Mizab menegaskan, 

dengan serangkaian kerjasama strategis ini, Senkom Mitra Polri diharapkan dapat meningkatkan efektivitasnya dalam mendukung tugas-tugas keamanan dan penanggulangan bencana di Indonesia. 


"Kegiatan peningkatan kapasitas yang baru saja diselenggarakan ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat sinergi antara Senkom, Polri, dan masyarakat, serta membekali anggota dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan profesional dan bertanggung jawab,"pungkasnya.(ary)